Senin, 29 April 2013

Ikan yang Memiliki Kemampuan Unik di Dunia

Jika Anda melihat ikan berenang itu merupakan hal biasa, tapi lihatlah jika ikan yang sedang mendaki, itu adalah sesuatu hal yang luar biasa. Itu bukan sesuatu yang bisa diterima oleh akal sehat, tapi ini adalah apa yang terjadi pada ikan ini, yang dapat mendaki hingga 100 meter.

Fish that has a Capability Unique in the World

Biasanya ikan berenang melawan arus yang menantang. Tapi, bagaimana dengan mendaki air terjun? Stimpsoni Sicyopterus spesies ikan atau Gobi Monopoli ahli pendaki Waterfall ternyata dapat melakukannya.

Bukan hanya kemampuan untuk mendaki air terjun yang membuat ikan ini menakjubkan. Mekanisme nya pun dalam mendaki sangat mengejutkan. Sicyopterus stimpsoni memanjat air terjun dengan menggunakan mulut. Ikan ini mengisap permukaan batu untuk menempel dan memanjat air terjun.

Para ilmuwan membuat video tentang mekanisme ikan ketika mendaki. Mereka tahu bahwa ikan ini memiliki mekanisme yang sama untuk mengkonsumsi ganggang. Dalam proses evolusi, ikan ini belajar menggunakan otot yang sama untuk dua kegiatan yang berbeda.

"Kami terpesona bahwa perilaku ekstrim ikan ini, memanjat air terjun dengan mulutnya, mungkin dipengaruhi oleh evolusi perilaku dasar mencari makanan," kata Richard Blob dari Clemson University.

Dalam percobaan di akuarium, peneliti membuktikan bahwa mekanisme  pada saat makan dan sedang mendaki adalah. Ikan bergerak dengan mengisap permukaan akuarium yang memiliki makanan serta menggerakkan daerah yang lebih tinggi.

Hasil Sicyopterus stimpsoni bahwa ikan ini biasanya hanya memiliki panjang tubuh 18 cm. Namun, dengan tubuh kecil, mereka dapat naik ke air terjun setinggi 100 meter. Keren.

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...