Minggu, 07 Juni 2020

Pilihan Tumbuhan Obat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi COVID-19

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mendefinisikan obat herbal atau medicinal plants sebagai tanaman yang digunakan dengan tujuan pengobatan atau pencegahan dan merupakan bahan asli dalam pembuatan obat herbal. Manfaat tumbuhan obat bisa berasal dari akar, batang, hingga daunnya. Jadi jangan heran jika lebih satu jenis tumbuhan obat memiliki khasiat yang berbeda-beda dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.


Obat herbal memiliki berbagai efek pada sistem metabolisme tubuh manusia. Mulai dari memberikan efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang. Tak heran apabila banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan obat tradisional sebagai cara mengobati beberapa masalah kesehatan, seperti demam, batuk, pilek, flu, sakit kepala, sakit perut, gangguan pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, masalah kulit, hingga insomnia.


Menjalani masa pandemi COVID-19 tentunya kita perlu memperkuat sistem imun. Selain menggunakan vitamin dalam menjaga asupan nutrisi, tumbuhan obat ternyata dapat membantu memelihara daya tahan tubuh kita. Tumbuhan apa saja itu? Sambiloto, meniran, temulawak, kunyit, jahe, dan jambu biji menurut penelitian dapat menjaga daya tahan tubuh kita. Bagaimana cara penyajiannya? Berikut ini tumbuhan obat yang digunakan lengkap dengan cara penyajian yang bersumber dari Buku Cegah Covid oleh BPOM-RI:

Pilihan Tumbuhan Obat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi COVID-19

Jenis tumbuhan obat di atas tentunya mudah ditemukan di sekitar kita. Cara penyajiannya pun tidaklah sulit. Yuk manfaatkan kekayaan alam kita untuk diri, keluarga, dan orang di sekitar kita agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga.

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...