Selasa, 02 Juni 2020

KEREN! 10 Lagu tentang Pandemi Corona (COVID-19) Karya Musisi Indonesia


Dunia telah dilanda pandemi corona yang belum jelas kapan akan berakhir. Berbagai upaya, kebijakan dan bantuan telah digelontorkan untuk mencegah penyebaran yang semakin meluas. Tak hanya bantuan tapi semangat juga dibutuhkan untuk menjaga jiwa tetap sehat, seperti yang dilakukan musisi berikut ini.

Mereka menyalurkan semangat lewat sebuah lagu yang menyentuh untuk Indonesia tetap kuat dan bersatu. Tak hanya itu, ada juga lagu untuk garda depan petugas medis yang tak lelah walaupun tak bisa bertemu anak, orangtua atau keluarga mereka. Berikut ini 10 Lagu Karya Musisi Indonesia tentang Pandemi Corona yang bersumber dari idntimes.com


1. Yessiel Trivena - Demi Raga Yang Lain



Demi Raga Yang Lain adalah lagu ciptaan dari musisi Eka Gustiwana yang dinyanyikan oleh Yessiel Trivena. Lagu ini rilis pada tanggal 19 Maret 2020 ini bercerita tentang bagaimana beratnya pekerjaan tenaga medis saat pandemi virus corona saat ini. Tak hanya lagu, Eka Gustiwana juga membuka donasi melalui platform Kitabisa.com.


2. Kolaborasi 16 Musisi - Menjaga Dunia



Kolaborasi 16 musisi kali ini bernyanyi dengan lagu berjudul Menjaga Dunia. Diantara musisi yang turut serta adalah Anji, Rian D’Masiv, Judika, Titi Dj, Ifan Govinda, Claudia Emmanuela, Rizky Febian, Lala Karmela, Cita Citata, Vidi Aldiano, Pamungkas, Ilham & Neida Hivi. Video klip lagu yang dirilis pada 10 April 2020 ini dibuat dengan latar rumah masing-masing untuk tetap menjaga physical distancing.


3. Artis Indonesia - Satu Cara



Dari akun Youtube Vidi Aldiano sebuah musik video bercerita tentang pandemi virus corona. Lagu yang berjudul Satu Cara ini dirilis pada 9 April 2020. Artis yang turut menyanyikan dalam lagu ini adalah Titi Dj, Raisa, Rossa, Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Harvey Malaihollo, Afgan, Giring, Once, Anji, Tompi, Marcell, Rio Febrian, Virgoun, Joe Taslim, Be3, Iis Dahlia, Yuni Shara, Vidi Aldiano, Prilly Latuconsina, Naura, Dira Sugandi, Gamaliél & Audrey, Cinta Laura Kiehl, Mikha Tambayong, Devano Danendra, Lesti , Fildan, Maruli Tampubolon, Ashilla, Sheila Dara, Barsena, Ari Wibowo, Boy William, Ramen Gvrl dan Kevin Widaya.


4. Kolaborasi 50 Public Figure - Semua Kan Berlalu



50 public figure berkolaborasi untuk bernyanyi dalam lagu yang berjudul Semua Kan Berlalu. Musik video dari lagu ini dirilis pada tanggal 12 April 2020 ini dinyanyikan oleh banyak kalangan. Diantaranya ada artis, musisi, presenter, YouTuber, selebgram, gamers, komedian, motivator, pengusaha, penulis, polwan dan juga anak-anak Indonesia.


Dalam lagu yang diinisiasi oleh Prilly Latuconsina, Aan Story, dan Shandy Purnamasari ini, tak hanya lagu saja ada juga puisi yang disematkan dalam lagu tersebut.


5. Aaliyah Massaid - Saling Peduli



Aaliyah Massaid juga membuat lagu tentang keadaan pandemi corona yang dirilis 14 April 2020. Karya yang terinspirasi situasi virus corona saat ini dikerjakan Aaliyah Masaid dan tim hanya dalam kurun waktu sehari saja. Karya tersebut berjudul Saling Peduli yang bertujuan untuk mengingatkan untuk saling peduli satu sama lain.


6. Project Pop x Cameoproject - Gara-Gara Corona



Penyanyi grup lawas kini hadir kembali menanggapi pandemi yang telah terjadi. Project Pop bersama Cameo Project membuat lagu berjudul Gara-Gara Corona. Lagu ini dirilis pada 24 Maret 2020 yang bercerita tentang kehidupan yang perlahan berubah gara-gara adanya virus corona.


7. Rhoma Irama -  Virus Corona



Raja dangdut, Rhoma Irama juga turut membuat lagu tentang kondisi saat ini. Berjudul Virus Corona, lagu ini dirilis pada tanggal 3 Apil 2020 yang diciptakan dan dinyanyikan sendiri oleh Rhoma Irama. Lagu ini diciptakan dengan maksud menyemangati dan mengambil hikmah dari wabah yang terjadi saat ini.


8. Kolaborasi 8 penyanyi - Cahaya Dalam Kegelapan



Bukan hal baru jika mendengar mantan presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menciptakan lagu. Cahaya Dalam Kegelapan adalah salah satu lagu ciptaannya yang dinyanyikan oleh kolaborasi 8 penyanyi, yaitu Joy Tobing, Sandhi Sandoro, Yuni Shara, Ariyo Wahab, Lala Karmela, Ita Purnamasari, Irang Perdana, dan Andy /Rif. Dalam lagu ini, SBY mengajak masyarakat untuk tidak kehilangan harapan saat susah seperti ini.

9. Wali - Kisah Pahlawan Bermasker



Kali ini band Wali ingin mengapresiasi tenaga medis dengan merilis single berjudul Kisah Pahlawan Bermasker. Dalam video yang dirilis pada tanggal 16 April 2020 ini, secara khusus Apoy, sang pencipta lagu mendedikasikan lagunya untuk para pahlawan medis. Lagu ini berkisah tentang bagaimana beratnya menjadi petugas medis saat ini. Mulai resiko besar yang ditangani hingga tidak bisa bertemu anak di rumah.

10. Bimbo - Di Rumah Saja



Sempat bocor, lagu dari Bimbo yang awalnya diperkirakan berjudul virus corona kini sudah resmi rilis. Lagu yang rilis ada tanggal 28 April 2020 ini merupakan kerja sama antara Bimbo sebagai pencipta dan penyanyi bersama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Lagu ini merupakan himbauan untuk di rumah saja dan jangan mudik dulu saat pandemi saat ini.


Semua lagu di atas merupakan hasil karya musisi Indonesia dalam menanggapi pandemi virus corona. Sangat menyentuh dan Berisi semangat untuk masyarakat Indonesia. Dan tentunya lagu-lagu ini juga bisa jadi teman saat kamu di rumah saja.

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...