Senin, 29 April 2013

36 Fakta Mengenai Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa.

Setiap kejadian ataupun peristiwa pasti memiliki fakta masing-masing. Adapun fakta-fakta dari Gempa Bumi yang selama ini kita atau rasakan adalah sebagai berikut :
  1. Yang terbesar tercatat gempa bumi di Amerika Serikat adalah berkekuatan 9,2 yang melanda Prince William Sound, Alaska pada hari Jumat Agung, 28 Maret 1964 UTC.
  2. Yang terbesar tercatat gempa di dunia adalah berkekuatan 9,5 (Mw) di Chili pada tanggal 22 Mei 1960.
  3. Gempa dilaporkan paling awal di California dirasakan pada tahun 1769 oleh ekspedisi menjelajahi Gaspar de Portola sementara kelompok itu berkemah sekitar 48 kilometer (30 mil) tenggara dari Los Angeles.
  4. Sebelum elektronik memungkinkan rekaman gempa bumi besar, para ilmuwan dibangun besar seismometer semi-pendulum dalam upaya untuk merekam gerakan periode panjang yang dihasilkan oleh gempa tersebut. Yang terbesar beratnya sekitar 15 ton. Ada menengah satu tiga tingkat di Mexico City yang masih beroperasi.
  5. Tingkat rata-rata gerak di San Andreas Fault Zona selama 3 juta tahun terakhir adalah 56 mm / th (2 in / yr). Ini adalah tentang tingkat yang sama di mana kuku Anda tumbuh. Dengan asumsi tingkat ini terus berlanjut, proyek ilmuwan bahwa Los Angeles dan San Francisco akan berdekatan satu sama lain di sekitar 15 juta tahun.
  6. Timur Sistem Rift Afrika adalah 50-60 km (31-37 mil) lebar zona vulkanik aktif dan patahan yang memanjang utara-selatan di Afrika timur selama lebih dari 3000 km (1.864 mil) dari Ethiopia di utara ke Zambezi di selatan. Ini adalah contoh langka dari benua zona keretakan aktif, di mana lempeng benua berupaya untuk membagi menjadi dua lempeng yang bergerak menjauh dari satu sama lain.
  7. Yang pertama "pendulum seismoscope" untuk mengukur getaran dari tanah selama gempa bumi dikembangkan pada 1751, dan itu tidak sampai 1855 bahwa kesalahan yang diakui sebagai sumber gempa bumi.
  8. Moonquakes ("gempa bumi" di bulan) memang terjadi, tetapi mereka terjadi lebih sering dan memiliki magnitudo lebih kecil dari gempa bumi di Bumi. Tampaknya mereka terkait dengan tekanan pasang surut terkait dengan jarak bervariasi antara Bumi dan Bulan. Mereka juga terjadi pada kedalaman besar, sekitar pertengahan antara permukaan dan pusat bulan.
  9. Meskipun keduanya adalah gelombang laut, tsunami dan gelombang pasang dua phenomenona terkait yang berbeda. Sebuah gelombang pasang surut gelombang perairan dangkal yang disebabkan oleh interaksi gravitasi antara Matahari, Bulan, dan Bumi. Tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan oleh gempa bumi bawah laut atau tanah longsor (biasanya dipicu oleh gempa bumi) menggusur air laut.
  10. Hiposenter dari gempa adalah lokasi di bawah permukaan bumi di mana pecahnya kesalahan dimulai. Episenter gempa adalah lokasi tepat di atas hiposenter pada permukaan bumi.
  11. Pegunungan tanah terbesar di dunia adalah Himalaya-Karakoram. Ini countains 96 dari 109 puncak dunia lebih dari 7.317 m (24.000 kaki). Rentang terpanjang adalah Andes di Amerika Selatan yang 7.564 km (4700 mil) panjangnya. Keduanya diciptakan gerakan olehdeskripsi lempeng tektonik.
  12. Diperkirakan ada 500.000 gempa terdeteksi di dunia setiap tahun. 100.000 dari mereka bisa dirasakan, dan 100 dari mereka menyebabkan kerusakan.
  13. Diperkirakan bahwa lebih banyak kerusakan dilakukan oleh dihasilkan api setelah 1906 San Francisco gempa dibandingkan dengan gempa itu sendiri.
  14. Sebuah seiche (diucapkan SAYSH) adalah apa yang terjadi di kolam renang dari California selama dan setelah gempa bumi. Ini adalah "gelombang internal yang berosilasi dalam badan air" atau, dengan kata lain, itu adalah tumpah air di kolam renang Anda renang, atau badan air, yang disebabkan oleh getaran tanah pada saat gempa. Ini bisa berlanjut selama beberapa saat atau jam, lama setelah kekuatan menghasilkan hilang. Seiche A juga dapat disebabkan oleh angin atau pasang surut.
  15. Setiap tahun daerah California Selatan memiliki sekitar 10.000 gempa bumi. Kebanyakan dari mereka begitu kecil bahwa mereka tidak merasa. Hanya beberapa ratus lebih besar dari magnitudo 3,0, dan hanya sekitar 15-20 lebih besar dari magnitudo 4,0. Jika ada gempa besar, namun, urutan gempa susulan akan menghasilkan lebih banyak gempa bumi dari semua besaran selama berbulan-bulan.
  16. Besarnya gempa adalah nilai terukur dari ukuran gempa. Besarnya adalah sama tidak peduli di mana Anda berada, atau seberapa kuat atau lemah gemetar itu di berbagai lokasi. Intensitas gempa adalah ukuran dari goncangan yang diciptakan oleh gempa, dan nilai ini tidak berbeda dengan lokasi.
  17. The UT, dengan area ski yang luar biasa, menjalankan Utara-Selatan melalui Utah, dan seperti semua pegunungan itu diproduksi oleh serangkaian gempa bumi. 386 km (240 mil) panjang Wasatch Patahan terdiri dari beberapa segmen, masing-masing mampu memproduksi hingga gempa M7.5. Selama 6.000 tahun terakhir, telah terjadi M6.5 + sekitar sekali setiap 350 tahun, dan sudah sekitar 350 tahun sejak gempa kuat terakhir, yang berada di segmen Nefi.
  18. Tidak ada hal seperti "cuaca gempa". Secara statistik, ada pemerataan gempa dalam cuaca dingin, cuaca panas, cuaca hujan, dll Selain itu, tidak ada cara fisik bahwa cuaca dapat mempengaruhi kekuatan beberapa mil di bawah permukaan bumi. Perubahan tekanan udara di atmosfer sangat kecil dibandingkan dengan kekuatan-kekuatan dalam kerak bumi, dan efek dari tekanan udara tidak sampai di bawah tanah.
  19. Dari 1975-1995 hanya ada empat negara yang tidak memiliki gempa bumi manapun. Mereka adalah: Florida, Iowa, North Dakota, dan Wisconsin.
  20. Inti bumi adalah pertama elemen struktur internal untuk diidentifikasi. Pada tahun 1906 RD Oldham menemukannya dari studinya catatan gempa. Inti bagian dalam solid, dan inti luar cair sehingga tidak mengirimkan energi gelombang geser dilepaskan selama gempa bumi.
  21. Kolam renang di University of Arizona di Tucson kehilangan air dari tumpah (seiche) disebabkan oleh 1985 M8.1 Michoacan, Meksiko gempa 2000 km (1.240 mil).
  22. Gempa bumi terjadi di bagian tengah Amerika Serikat juga! Beberapa gempa bumi yang sangat kuat terjadi di sepanjang patahan New Madrid di Lembah Mississippi pada 1811-1812. Karena struktur kerak di AS Tengah yang efisien menyebarkan energi seismik, gemetar dari gempa bumi di negara bagian ini sangat terasa pada jarak yang jauh lebih besar dari episenter gempa daripada ukuran yang sama di Amerika Serikat Barat.
  23. Kebanyakan gempa bumi terjadi pada kedalaman kurang dari 80 km (50 mil) dari permukaan bumi.
  24. Patahan San Andreas bukanlah satu, kesalahan terus menerus, melainkan sebenarnya adalah zona sesar terdiri dari banyak segmen. Gerakan dapat terjadi di sepanjang salah satu dari banyak segmen patahan sepanjang zona setiap saat. San Andreas kesalahan sistem yang lebih 1300 km (800 mil) panjang, dan di beberapa tempat adalah sebanyak 16 km (10 mil) dalam.
  25. Rekaman gempa paling mematikan di dunia terjadi pada tahun 1556 di China tengah. Ini melanda daerah di mana kebanyakan orang tinggal di gua-gua diukir dari batuan lunak. Ini tempat tinggal runtuh saat gempa, menewaskan sekitar 830.000 orang. Pada tahun 1976 gempa mematikan lainnya melanda di Tangshan, Cina, di mana lebih dari 250.000 orang tewas.
  26. Florida dan North Dakota memiliki jumlah terkecil dari gempa bumi di Amerika Serikat.
  27. Gempa bumi terdalam biasanya terjadi pada batas lempeng di mana Bumi "s kerak sedang menghunjam ke mantel bumi. Ini terjadi sedalam 750 km (400 mil) di bawah permukaan.
  28. Alaska adalah negara rawan gempa yang paling dan salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Alaska mengalami gempa berkekuatan 7 hampir setiap tahun, dan berkekuatan 8 atau gempa bumi besar pada rata-rata setiap 14 tahun.
  29. Sebagian besar gempa bumi dan letusan gunung berapi terjadi di sepanjang batas lempeng seperti batas antara Lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara. Salah satu batas lempeng yang paling aktif di mana gempa bumi dan letusan sering, misalnya, adalah sekitar Lempeng Pasifik besar yang biasa disebut sebagai Cincin Api Pasifik.
  30. Tercatat paling awal bukti gempa bumi telah dilacak kembali ke 1831 SM di provinsi Shandong Cina, tapi ada catatan yang cukup lengkap mulai tahun 780 SM selama Dinasti Zhou di China.
  31. Itu diakui sedini 350 SM oleh Yunani ilmuwan Aristoteles bahwa tanah lunak getar lebih dari hard rock pada saat gempa.
  32. Penyebab gempa bumi dinyatakan benar pada tahun 1760 oleh insinyur Inggris John Michell, salah satu bapak pertama seismologi, dalam memoar di mana ia menulis bahwa gempa bumi dan gelombang energi yang mereka buat disebabkan oleh "massa pergeseran batuan mil di bawah permukaan ".
  33. Pada 1663 para pemukim Eropa mengalami gempa pertama mereka di Amerika.
  34. Manusia dapat mendeteksi suara dalam rentang frekuensi 20-20,000 Hertz. Jika gelombang P dibiaskan keluar dari permukaan batu ke udara, dan memiliki frekuensi di kisaran terdengar, maka akan terdengar sebagai gemuruh. Kebanyakan gelombang gempa memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz, sehingga gelombang itu sendiri biasanya tidak terdengar. Sebagian besar suara gemuruh terdengar selama gempa adalah bangunan dan isinya bergerak.
  35. Ketika gempa Chili terjadi pada tahun 1960, seismograf mencatat gelombang seismik yang melakukan perjalanan di seluruh bumi. Gelombang ini seismik mengguncang seluruh bumi selama berhari-hari! Fenomena ini disebut osilasi bebas dari Bumi.
  36. Interior Antartika memiliki icequakes yang, meskipun mereka jauh lebih kecil, yang mungkin lebih sering daripada gempa bumi di Antartika. Para icequakes mirip dengan gempa bumi, tetapi terjadi dalam lapisan es itu sendiri bukan tanah bawah es. Beberapa pengamat kutub kami telah memberitahu kami bahwa mereka dapat mendengar icequakes dan melihat mereka di Kutub Selatan stasiun seismograf, tetapi mereka terlalu kecil untuk dilihat pada stasiun cukup untuk mendapatkan lokasi.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top