Jumat, 21 Mei 2010

Hati-hati Ada Worm Baru yang Menyebar via Yahoo Messenger


Worm baru serang Yahoo Messenger. Worm tersebut menyerang khususnya untuk computer yang bersistem Windows, dengan sebuah pesan dan kata kunci berupa “Photo” atau “Photos”, juga satu icon dengan smile emoticon, plus link ke situs yang menyerupai Facebook, MySpace, atau situs jejaring social lainnya.
Worm tersebut menipu pengguna Yahoo Messenger dengan membujuk user untuk men-download foto dari teman, namun ternyata mengandung malware di dalamnya.

File foto yang telah di-download akan segera masuk ke semua kontak di YM. Worm akan menduplikasi dirinya ke %WinDir%infocard.exe, lalu ke list Windows Firewall, memodifikasi registry keys, dan mematikan Windows Update. Symantec mendeteksi malware tersebut dan memberi nama W32.Yimfoca, yang bisa terjadi di system Windows 98, Windows 95, Windows XP, Windows ME, Windows Vista, Windows NT, Windows Server 2003 dan Windows 2000.

Sementara itu, dari pihak Yahoo kini sedang bekerja untuk mengatasinya. Mereka merekomendasikan kepada pengguna Yahoo Messener, ketika menerima pesan instant yang mencurigakan, dimana di dalamnya mengandung link dari teman, maka harus dipastikan lebih dulu bahwa pesan itu legal, sebelum file di-download dari Yahoo Messenger.

Artikel Terkait

5 komentar

saya lagi jarang main Ym an ternyata ada kabar gini
mesti hati2

Kalau ini aku udah pernah kena satu kali
wah.. ribet bget.....
langsung tak uninstal Ym nya :))

Perlu berhati-hati nih. Maunya chatting, bisa-bisa jadi worming

Salam ukhuwah

Wah, ngeriiii. Bisa bisa kompiku kena tuh. Soalny ane biasa YM'an, yaa nggak chat cuman buka pesan bisnis doang. he he he
Tapi kayaknya virusnya nggak bakalan bisa masuk kompiku deh. Sistim operasiku nggak ada di atas ( Windows vistaXp ; Service Pack 3 ). hua ha haaa

Ada ada sja virus . . . . bisa nular lewat media apa saja . . .klo virus lewat komentar ada ngga y . .? :))

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...