Rabu, 19 Mei 2010

500 Hari Lagi, Internet Berhenti Tumbuh



Dalam kurun waktu 500 hari lagi, internet diperkirakan akan kehabisan alamat Internet Protocol (IP) --sederet nomor unik yang membantu mengidentifikasi semua perangkat berjaringan internet di seluruh dunia.

Alamat IP umumnya menggunakan kombinasi empat angka dari 0 sampai 255 untuk membedakan satu komputer dengan komputer lainnya. Saat ini, tercatat ada lebih dari empat miliar kombinasi angka untuk alamat IP.

Namun pertumbuhan pesat jumlah perangkat berjaringan internet akan membuat kombinasi empat angka tidak akan lagi cukup untuk membuat sebuah alamat IP. Inilah yang akan menjadi masalah di kemudian hari. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Big News Networks, Rabu (19/5/2010).

Peneliti dari Asia Pacific Network Information Centre di Australia Geoff Huston memberi gambaran bahwa alamat IP hampir sama dengan nomor telepon, di mana kita harus memasukkan nomor yang benar untuk menemukan koneksi yang dituju. Ketika semakin banyak pengguna telepon, diperlukan penambahan satu digit angka untuk sebuah nomor telepon. Namun tidak demikian halnya dengan alamat IP.

"Tidak seperti sistem telepon, tidak mudah hanya dengan menambahkan lebih banyak digit pada deretan angka alamat IP," kata Huston.

Konsekuensi dari masalah ini, menurut Huston, di kemudian hari akan ada banyak orang yang tidak bisa lagi melihat apapun di internet. Diperkirakan hal ini akan terjadi dalam waktu kurang lebih 500 hari lagi.

Artikel Terkait

3 komentar

wah kalo begitu gimana jadinya donk entar...??wahh tx gan infonya...

pasti kalo udah waktu ya

bayak yang mau beli ip addresss

mas-mas ip address berapa ya? x(

hehehehehehe

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...