Rabu, 19 Mei 2010

500 Hari Lagi, Internet Berhenti Tumbuh



Dalam kurun waktu 500 hari lagi, internet diperkirakan akan kehabisan alamat Internet Protocol (IP) --sederet nomor unik yang membantu mengidentifikasi semua perangkat berjaringan internet di seluruh dunia.

Alamat IP umumnya menggunakan kombinasi empat angka dari 0 sampai 255 untuk membedakan satu komputer dengan komputer lainnya. Saat ini, tercatat ada lebih dari empat miliar kombinasi angka untuk alamat IP.

Namun pertumbuhan pesat jumlah perangkat berjaringan internet akan membuat kombinasi empat angka tidak akan lagi cukup untuk membuat sebuah alamat IP. Inilah yang akan menjadi masalah di kemudian hari. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Big News Networks, Rabu (19/5/2010).

Peneliti dari Asia Pacific Network Information Centre di Australia Geoff Huston memberi gambaran bahwa alamat IP hampir sama dengan nomor telepon, di mana kita harus memasukkan nomor yang benar untuk menemukan koneksi yang dituju. Ketika semakin banyak pengguna telepon, diperlukan penambahan satu digit angka untuk sebuah nomor telepon. Namun tidak demikian halnya dengan alamat IP.

"Tidak seperti sistem telepon, tidak mudah hanya dengan menambahkan lebih banyak digit pada deretan angka alamat IP," kata Huston.

Konsekuensi dari masalah ini, menurut Huston, di kemudian hari akan ada banyak orang yang tidak bisa lagi melihat apapun di internet. Diperkirakan hal ini akan terjadi dalam waktu kurang lebih 500 hari lagi.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 komentar

  1. wah kalo begitu gimana jadinya donk entar...??wahh tx gan infonya...

    BalasHapus
  2. pasti kalo udah waktu ya

    bayak yang mau beli ip addresss

    mas-mas ip address berapa ya? x(

    hehehehehehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top