Jumat, 10 Mei 2013

Pesta Bersama Orang Mati

Setiap kebudayaan pasti memiliki ritual kematian dengan caranya masing-masing.

Ada beberapa tradisi dari mereka cara yang dilakukan terasa aneh dan mengerikan.

Seperti yang terjadi di Madagaskar, dilansir dari Lonely Planet. Masyarakat Madagaskar memiliki ritual unik bernama Famadihana yang biasa di gelar di Hauts Plateaux. Ritual unik ini menari-nari dengan mayat yang sudah dikubur.

Tradisi ini dilakukan setiap 7 tahun sekali oleh Suku Malagasi, hal pertama yang dilakukan adalah menggali kuburan kemudian dilajutkan dengan membungkus tulang dengan kain dan tikar kemudian diikat dengan tali.

Suku Malagasi melakukan upacara ini dengan membongkar kuburan para leluhur mereka. Namun anehnya keluarganya akan berteriak histeris karena gembira melihat bungkusan tulang leluhurnya.

Menurut kepercayaan suku mereka, ritual Famadihana merupakan hari perwujudan rasa cinta terhadap keluarga yang telah meninggal.

Pada perayaaan itu semua anggota kelurga akan datang dimanapun mereka tinggal. Suku Malagasi juga percaya bahwa orang mati tidak sepenuhnya mati. Mereka masih bisa berkomunikasi dengan keluarga yang masih hidup. Dengan adanya ritual ini mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal.

Acara ini digelar besar-besaran layaknya sebuah pesta, menari, makan-makan juga menyanyi bersama bagi seluruh orang yang datang termasuk para wisatawan. Sedangkan keluarga yang meninggal boleh berada didekat bungkusan tulang dan bernyani dan tertawa dan sesekali membuka bungkusan, kemudian menyiram anggur ke tulang belulang dan di bungkus kembali. Setelah dirasa cukup bungkusan tulang itu kemabali dikubur dibawa dengan iringan tarian.

Artikel Terkait

2 komentar

makasih informasinya sobat ...aneh banget yah

ich untuk ya jadi q suku melayu gak ada adat gtu ,,ngeri liat nya

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...