Kamis, 28 Januari 2010

Buat File Jar Secara Manual

Pada tulisan kali ini akan saya jabarkan cara membuat file jar tanpa menggunakan fungsi command pada java ataupun java text editor seperti halnya ecplise. Awalnya, saya kebingungan cara membuat file jar, ada yang menyarankan saya gunakan eclipse untuk menghasilkan jar, sayangnya karena ga tau cara gunakan ecplise. Terakhir coba-coba lihat file jar yang sudah ada dan coba buka dengan program WinRAR dan alhasil saya temukan suatu petunjuk dan lakukan testing iseng. :D

Syarat untuk membuat file jar ini hanya diperlukan aplikasi WinRAR. Aplikasi WinRAR yang saya pakai untuk percobaan kali ini adalah versi 3.41.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat file jar, yaitu :

  1. Compile Semua file sehingga diperoleh file berekstension .class
  2. Ketik di notepad nama file yang berfungsi sebagai main class tanpa menggunakan ekstension dan simpan dengan nama MANIFEST.MF, contohnya : Main-Class: nama_file
  3. Buat folder baru dengan nama META-INF dan masukkan file yang telah dibuat pada no. 2 ke folder ini.
  4. Langkah akhir, select semua file class dan folder META-INF kemudian “Add archive“. Ganti pilihan Archive Format “rar” menjadi “zip“, jika tidak diganti maka akan diperoleh file yang corrupt sewaktu file jar dieksekusi. Sedangkan pada bagian Archive name ketik eksekusi.jar
  5. File jar telah terbentuk dan dapat digunakan layak file .exe

Note : Tidak semua berhasil 100%, sedang dalam masa percobaan :D

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...