Kamis, 30 Mei 2013

Tips Cara Membaca Peta

Saat traveling anda akan selalu membutuhkan peta sebagai penolong untuk menemukan suatu tempat.
 
 
Peta menjadi suatu alat yang digunakan dalam keadaan darurat.

Sayangnya tidak semua orang bisa membaca peta dengan benar. Karena kemampuan membaca peta tidak dimiliki semua orang.

Ada yang bisa dengan mudah membacanya, ada pula yang kesulitan. Seseorang bisa saja tersesat karena cara membaca yang salah.

Dikutip dari Lounge, berikut ini 4 cara mudah membaca peta agar tak tersesat saat travelling:

1. Pilih peta yang tepat
Gunakan peta yang sesuai dengan keperluan anda. Ini karena ada beberapa jenis peta yang tersedia di pasaran, misalnya peta petunjuk arah jalan, peta wisata khusus untuk turis, atau peta politik. Jika Anda traveling menggunakan mobil pribadi, sebaiknya pilih peta jalan. Tapi, jika Anda mencari berbagai macam atraksi wisata yang menarik di suatu destinasi, pilihlah peta wisata.

2. Tahu lokasi keberadaan anda
Ini adalah hal dasar yang harus diketahui sebelum membaca peta, yaitu mengetahui lokasi keberadaan Anda sebelum memulai perjalanan. Tanpa mengetahui lokasi awal, turis akan sulit untuk menentukan arah melalui peta. Anda hanya dibuat bingung oleh petunjuk-petunjuk di peta. Salah satu cara untuk mengetahui lokasi keberadaan Anda adalah mencari ciri khas suatu tempat. Ciri khas ini bisa berupa bangunan yang terkenal atau pun sungai.

3. Cari tahu lokasi tujuan
Hal lain yang tak kalah penting adalah mencari tahu dengan lengkap lokasi tujuan. Barulah kemudian mencari arah untuk mencapai lokasi tersebut. Jika destinasi yang akan dikunjungi lebih dari satu, sebaiknya prioritaskan dulu mana destinasi pertama Anda. Kemudian baru cari tahu arah untuk mencapai masing-masing destinasi tersebut.

4. Kompas atau indeks peta
Untuk mengetahui arah, turis bisa mengunakan kompas. Kompas dan peta jalan beriringan. Gunakan keduanya untuk mengetahui jalan yang harus dilalui mencapai destinasi. Jika tidak memiliki kompas, Anda bisa gunakan indeks yang ada di dalam peta. Indeks peta biasanya berupa kumpulan nama jalan dan informasi lain dan koordinatnya di dalam peta. Ini akan membimbing Anda menuju lokasi tujuan.

Artikel Terkait

1 komentar so far

semua juga tau klw bgitu prosedurnya ahahaha

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...