Sabtu, 25 Mei 2013

Mengisi Baterai Ponsel Hanya 30 Detik

Wanita berumur delapan belas tahun asal Saratoga, California, Eesha Khare berhasil membuat sebuah superkapasitor yang mampu mengisi baterai ponsel hanya dalam waktu antara 20 sampai 30 detik.

 
Melalui karyanya ini, Eesha pun memenangkan penghargaan sekitar 500 juta rupiah dari Intel dalam acara Intel International Science and Engineering Fair seperti dilansir dari Techbob.com

Superkapasitor merupakan sebuah alat yang bertindak sebagai power supply dimana mampu mengisi perangkat dengan cepat, selain itu perangkat ini dapat menyimpan tenaga lebih lama dari baterai biasa.

Superkapasitor terdiri dari dua material konduktif yang dilapisi dengan karbon aktif dan ditenggelamkan dalam elektrolit. Salah satu lempengan memiliki ion positif dan ion negatif, dimana saat diisi, ion-ion ini akan terakumulasi di bagian permukaan dari tiap lempengan berlapis karbon.

Berbeda dengan baterai, teknologi ini akan mampu menyimpan tenaga lebih lama. Selain itu, teknologi superkapasitor ini lebih ramah lingkungan dibanding baterai. Selain tidak hanya karena masa hidup superkapasitor yang lebih lama, superkapasitor juga tidak menggunakan bahan yang bersifat korosif dan berbahan kimia berbahaya.

Hebatnya, superkapasitor yang kebanyakan berukuran besar, mampu dibuat Eesha dalam ukuran kecil sehingga mampu disematkan ke dalam ponsel.

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...