Sabtu, 25 Mei 2013

Mesin Cetak Makanan Star Trek Jadi Kenyataan

Pernahkah Anda melihat karakter dalam Star Trek membuat makanan kesukaannya menggunakan sebuah alat yang disebut 'replicator'.

Perangkat masa depan yang terlihat mustahil ada ini tampaknya akan segera menjadi kenyataan.

Melalui teknologi percetakan 3D, NASA telah membiayai firma percetakan 3D, SMRC (Systems & Materials Research Corporation) sekitar 1,2 milyar rupiah untuk mengembangkan alat pencetak makanan, seperti dilansir dari Dailymail.co.uk, Jumat (24/05).

Alasan NASA melakukan hal ini karena alat pencetak makanan ini akan sangat membantu memberi asupan gizi yang tepat dan memudahkan hal pangan kepada para awaknya.

Malah, Anjan Contractor, pendiri SMRC menyatakan bahwa teknologi ini memungkinkan menolong manusia dari bahaya kelangkaan pangan.

Cara kerja teknologi ini mirip dengan mesin cetak 3D pada umunya, hanya saja bahan baku yang digunakan sebagai 'tinta'nya adalah bahan-bahan umum untuk membuat makanan.

Pizza, makanan khas Italia yang memiliki lapisan sederhana ini merupakan kandidat yang tepat dalam uji coba mesin cetak makanan 3D.

Contractor berencana akan segera membuat mesin pencetak pizza, setelah sukses mencetak cokelat dengan menggunakan teknologi ini.

Cara pembuatannya pun menurut Contractor sangat mudah, dimana pada lapisan awal mesin cetak akan membuat adonan yang langsung terpanggang oleh lapisan pemanas di bagian bawah.

Kemudian, mesin cetak akan membuat lapisan kedua yaitu saus tomat yang bahan bakunya dalam bentuk bubuk. Dimana nantinya bubuk ini akan dicampurkan dengan air dan minyak.

Setelah itu, pizza akan diberi topping, dimana topping tersebut dapat berasal dari apapun yang dapat dijadikan bubuk. Salah satunya seperti bubuk serangga atau alga.​
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top