Kamis, 04 Juli 2013

Alasan Jerawat Susah Sembuh

Jerawat merupakan 'musuh' bagi sebagian orang. Tak heran banyak orang rela menghabiskan uang untuk menghilangkan jerawat di wajahnya.

Jerawat umumnya terjadi akibat lonjakan hormon androgen, yang memicu kelenjar sebasea lebih aktif memproduksi sebum  lebih banyak.

Perubahan tingkat hormon androgen kerap dialami seseorang saat menginjak usia puber. Namun masa-masa kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga masalah genetik juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Hingga kini belum ada kasus kematian akibat jerawat, tapi sayangnya menimbulkan beban psikologis bagi penderita, seperti depresi dan ansietas, hingga keinginan bunuh diri karena menganggu penampilan. "Jerawat bisa sembuh sendiri, tapi kulit bisa menjadi tak indah lagi karena muncul flek hitam, bopeng bekas jerawat dan bekas luka. Apalagi cara menghilangkan bekas jerawat itu susah dan butuh waktu lama," ungkap dr. Gloria Novelita, SpKK, Spesialis kulit dan kelamin dari Klinik BeYouTiful Jakarta (4/7).

Selain karena faktor internal, jerawat juga bisa datang karena faktor eksternal. Stres, kosmetik, makanan tertentu, scrub, keseringan memencet dan memegang jerawat, lingkungan dan kebiasaan merokok turut andil membuat muka penuh jerawat.

"Pemakaian kosmetik terus menerus atau menggunakan kosmetik berbahan komedogenik dapat membuat jerawat muncul. Scrub dan facial juga tidak disarankan saat kulit jerawatan. Hindari pula kondisi pemicu jerawat lainnya, seperti gesekan, udara panas dan lembab hingga kebiasaan merokok. Jika kondisi tidak membaik setelah perawatan 1-2 bulan, segera temui dermatologis," jelas dr. Gloria.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

  1. Mau tanya nih itu yang kondisi pemicu jerawat lainnya, seperti, udara panas dan lembab itu dapat pemicu jerawat ya, tpi maaf nih sebelum nya saya dulu pernah kerja di jakarta dijakarta kan suhu udaranya sangat panas tuh, terus di kontrakan saya sangat panas sekali di kontrkan sayah tidak memakai ac atau kipas angin jadi setaip hari aku selalu berkeringan terus wajah jadi lembab, saat itu jerawatku banyak sekali nih, tetapi akibat udara yang panas mungkin ya jerawat sayah sembuh, pas waktu di jakarta itu mungkin karena keluar keringat terus ya, jadi kotaran dalam tubuh keluar bersama keringat waktu di jakarta wajah saya bersih akibat sering keluar keringat, pas pulang kampung jerawat sayah timbul lagi ni. solusi untuk jerawat apa yang yang pas buat sayah, makasih banyak atas informasinya

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top