Rabu, 15 Mei 2013

Tips Edukasi Untuk Liburan Anak

Traveling tidak harus datang ke tempat mewah dan menghabiskan banyak uang, apalagi bila travel bersama dengan anak.

Sebenarnya yang dibutuhkan anak-anak adalah liburan dengan sebuah petualangan yang tak dapat mereka lupakan.

Mengajak anak berlibur sambil mengenal alam memberikan kesan yang melekat di ingatan mereka.
Salah satu liburan yang berkesan dan menciptakan banyak petualangan ialah berlibur sambil mengenal alam.

Berikut ini cara mengenalkan alam Kepada anak. Tidak hanya sekedar merefreshkan pikiran mereka tapi juga memberikan edukasi kepada mereka.

1. Melihat Penangkaran Hewan
Saat liburan anak tiba ajaklah ke tempat penangkaran hewan seperti kura-kura, kucing, anjing atau bahkan buaya. Mengajak anak untuk sesekali berwisata ke tempat ini bisa membuat anak mengetahui bagaimana cara binatang ini melahirkan dan merawat anaknya.

2. Berlayar
Anda bisa saja mengunjungi Taman buah dan danau untuk mengajak anak menaiki perahu. Selain menambah pengalaman kepada anak tentang mendayung, Anda juga bisa mengajarkan kepada mereka jenis-jenis kekayaan alam yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

3. Bermain di Alam
Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain ke tempat wisata yang mengajarkan kepada anak sejarah tentang alam. Disini anak bukan hanya belajar tentang kekayaan alam, tapi juga mengenal jenis-jenis mahluk hidup lain yang hidup berbagi dengan manusia.

4. Berkunjung ke Pantai
Mengunjungi pantai adalah kegiatan yang juga menyenangkan bagi anak. Ada beberapa pantai yang cocok untuk anak-anak bermain disana. Ajak anak-anak ke pantai yang ombaknya tidak besar dan tidak banyak terdapat karang disekitarnya. Ajak mereka untuk membangun istana pasir atau mengumpulkan berbagai macam jenis kerang yang ada dan ajarkan perbedaan yang ada pada setiap kerang.

6. Melihat Gedung yang Menarik
Anda bisa saja mengajak anak tur keliling kota dengan mengunjungi gedung-gedung menarik yang ada di kota Anda. Mungkin Anda bisa mengajak anak untuk mengunjungi gedung tertinggi atau terbesar di kota Anda. jelaskan kepada anak sejarah bangunan tersebut dengan bahasa yang mudah mereka cerna.

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...