Selasa, 28 Mei 2013

Manfaat dari Pisang

Pisang adalah buah favorit banyak orang. Mudah didapat, bisa ditemukan di hampir semua musim, rasanya enak, dan praktis, dapat dikonsumsi dengan mudah tanpa alat bantu atau proses pengolahan tertentu.


Buah ini juga kaya sumber energi, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Berikut beberapa fakta seputar pisang yang dikupas oleh Dr. Johanes Casay Chandrawinata, MND, SpGK Dokter spesialis gizi klinik di RS. Melinda, Bandung.

Pisang adalah buah yang tepat untuk Anda makan sebelum berolahraga karena kaya akan energi.

Satu buah pisang ukuran sedang dapat memberi Anda pasokan energi sebesar 105 kalori.

Selain itu, pisang juga merupakan sumber energi instan yang baik karena mudah dicerna oleh tubuh, menjamin pasokan energi secara cepat untuk menunjang pembentukan tubuh, kerja otot dan mencegah kelelahan.

Buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis ini juga mengandung banyak kalium, elektrolit yang sangat baik dalam membantu menurunkan tekanan darah. Itu efek kalium sebagai antagonis natrium, elektrolit yang mampu meningkatkan tekanan darah.

Kalium juga berperan penting dalam pengaturan syaraf dan denyut jantung. Diet kaya kalium dan magnesium, yang juga terdapat dalam pisang, dapat menurunkan risiko terkena stroke.

Selain itu, pisang juga kaya akan lectin (kelompok protein dan glikoprotein) kandungan yang dipercaya bisa mencegah tumbuhnya kanker. Lectin tidak dipecah oleh sistem pencernaan dan terikat dengan sel-sel usus atau diserap dalam bentuk utuh.

Dan kandungan vitamin utama pada pisang, yaitu vitamin B-6, berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, menjaga fungsi normal sistem syaraf, serta membantu proses metabolisme protein untuk pembentukan otot.

Jadi, mulai saat ini jangan lupa untuk menyisipkan pisang dalam daftar menu makanan Anda. Makanlah, paling tidak, satu buah pisang setiap hari, bersama sarapan pagi atau sebelum berolahraga.

Artikel Terkait

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...