Selasa, 14 Mei 2013

Adu 4 Smartphone dari 4 Negara Berbeda

Cover Story kali ini akan membahas tentang 4 smartphone tercanggih di 2013, yang sejauh ini telah siap bersaing ketat merebut tahta di kelas high-end.

Masing-masing produk berasal dari negara-negara yang berbeda, yaitu Korea Selatan, Kanada, Jepang, dan Taiwan. Mereka adalah Samsung Galaxy S4, BlackBerry Z10, Sony Xperia Z, dan HTC One.


Tiga diantaranya telah meluncur di Tanah Air. Sayang, HTC masih menunda kehadiran produk andalannya tersebut. Selain HTC One yang belum jelas masa depannya di Indonesia, smartphone-smartphone tersebut sama-sama bermain di harga 7 jutaan.

Seperti apa kelebihan masing-masing produk ini? Simak ulasan singkatnya berikut.

1. Samsung Galaxy S4
Samsung mengumumkan bahwa smartphone ini dibekali prosesor yang tidak tanggung-tanggung, yakni Exynos 5 octa-core (8-core) yang terdiri dari quad-core 1.6GHz Cortex-A15 dan quad-core 1.2GHz Cortex-A7! Jelas merupakan yang terkuat di antara pesaingnya.

Tak hanya itu, Samsung juga membekalinya dengan RAM 2GB, memori 16 hingga 64GB, slot microSD, kamera 13MP, serta sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean.

Fitur menariknya antara lain wireless charging, S-Voice (voice command), Smart stay, Smart pause, Smart scroll, Air Gestures, Dropbox, Active noise cancellation, serta segudang fitur berguna lainnya. Semuanya didukung baterai 2600mAh.

Salah satu fitur lain yang mereka banggakan adalah di sektor kamera. Ada sebuah fitur yang diberinama Eraser. Menurut pihak Samsung, fitur ini berguna untuk menghapus segala objek yang tak diinginkan namun tak sengaja tertangkap dalam frame.

Dibanderol 7.499.000 rupiah, Galaxy S4 jelas menjadi salah satu pesaing terkuat bagi smartphone kelas high-end lainnya.

2. BlackBerry Z10
BlackBerry mengklaim produk BB10-nya sebagai True Mobile Computing, dimana diantaranya menawarkan browser yang handal, kamera yang mumpuni, dan didesain untuk masa depan.

Soal spesifikasi, BlackBerry Z10 dibekali layar 4,2 inci dengan resolusi 1280x768. Selain itu, ada juga prosesor dual-core 1.5GHz, GPU Adreno 225, RAM 2GB, memori internal 16GB, dan kamera 8MP. Yang menarik, pengguna tak perlu lagi membeli paket BlackBerry yang ditawarkan operator. Paket internet saja sudah cukup.

Pada dasarnya, kehadiran Z10 mampu membuat kesan 'membosankan' yang selama ini selalu melekat di sebagian masyarakat dunia hilang seketika. Z10 menawarkan sesuatu yang lebih menarik dan inovatif, tak hanya sekedar BBM-an.

Mungkin di mata para pecinta BlackBerry, smartphone ini terlihat luar biasa dan 'berbeda'. Namun dengan harga 7 juta, mampukan Z10 membuat para pengguna iPhone dan Android berpaling ke lain hati?

3. Sony Xperia Z
Smartphone 5 inci ini menjadi yang pertama dibenamkan prosesor quad-core oleh Sony. Layarnya yang Full HD 1980x1080 plus Bravia Engine 2 membuat tampilan gambar terlihat tajam.

Xperia Z memiliki dapur pacu Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064 1.5 GHz quad-core Krait CPU. Urusan grafis diserahkan pada Adreno 320. Guna meningkatkan performa, Sony membekalinya dengan RAM 2GB, memori internal 16GB, baterai 2.330mAh, dan semuanya dioperasikan oleh Android 4.1 Jelly Bean.

Selain punya berbagai fitur kelas atas, Sony mengedepankan Xperia Z sebagai smartphone yang tangguh. Xperia Z mampu bertahan dalam rendaman air sedalam 1 meter selama maksimal 30 menit.

Meski ada beberapa fitur menarik lainnya, nampaknya harganya yang tak jauh berbeda dengan Galaxy S4 (7,5 juta) membuat sebagian orang lebih berpihak ke Korea Selatan dibanding Jepang.

4. HTC One
Menurut opini Ghiboo, sesungguhnya smartphone inilah yang mampu bersaing satu lawan satu secara ketat dengan Galaxy S4. HTC One punya desain menawan dengan balutan material yang lebih premium ketimbang produk buatan Samsung itu.

Meski tak banyak fitur inovatif yang ditawarkan, nampaknya kamera Ultrapixel yang mampu menangkap gambar secara baik di kondisi low-light bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Selain kamera, fitur lain yang diunggulkan adalah HTC Blinkfeed, sebuah User Interface baru yang interaktif. Sekilas, Blinkfeed mirip dengan Live Tiles pada Windows Phone. Intinya, UI tersebut memuat berbagai update, seperti foto, kalender, Facebook, news, dan hal-hal lainnya yang bisa ditampilkan sesuai keinginan.

Sayang, hingga saat ini belum ada kejelasan kapan HTC One melenggang di pasar Tanah Air. Harganya pun belum bisa ditentukan meski prediksi terkuat adalah di angka 7 jutaan. Jika saja HTC mampu memasarkannya dengan baik, keuntungan dari segi kamera dan desain mungkin bisa menjadi alasan orang meninggalkan seri Galaxy yang wajahnya terlihat 'mirip' satu sama lain.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top