Selasa, 29 Juni 2010

Jerman Sudah Juara

Tim sepakbola Jerman mungkin masih berjuang untuk mendapat tiket final Piala Dunia 2010. Saat berita ini ditulis, Timnas Jerman masih harus mengalahkan Inggris demi tiket ke perempat final. Tapi, tim sepakbola robot dari negara tersebut sudah menjuarai lomba robot tingkat dunia RoboCup Soccer 2010 yang digelar di Singapura, 19-24 Juni 2010. Robot dari University Bremen berhasil mengalahkan robot dari University New South Wales (UNSW) Australia dengan skor telak 6-1 dalam final Kamis (24/6/2010) lalu. Untuk memenangkan kompetisi ini, tim robot bernama B-Human itu harus berjuang mengalahkan 22 tim lainnya dari berbagai negara.
Seperti halnya pertandingan sepakbola sebenarnya, tim robot sepakbola tersebut harus bekerja sama untuk mengegolkan bola ke gawang lawan. Kompetisi dilakukan dalam sistem turnamen di mana peserta dibagi dalam beberapa grup untuk memperebutkan tiket perempat final, semifinal, sampai final. Semua robot bekerja dengan sensor otomatis dan tidak dikendalikan dari jarak jauh.


Tim robot dari Jerman memang dalam kompetisi untuk kategori Standard Platform League. Pada kategori ini, semua tim yang bertanding menggunakan robot yang bentuk dan ukurannya sama. mereka bersaing dalam memprogram robot tersebut sehingga memiliki kemampuan saling menggiring bola yang terbaik. Sebelumnya, kompetisi ini menggunakan Aibo, robot anjing empat kaki buatan Sony. Tapi sejak 2008, kompetisi menggunakan robot dua kaki Aldebaran Nao hingga sekarang.


RoboCup Soccer 2010 merupakan bagian dari kompetisi RoboCup 2010. Kompetisi robot ini digelar setiap tahun, tapi tahun ini istimewa karena kebetulan bersamaan dengan Piala Dunia 2010. Untuk RoboCup terdapat lima kategori, masing-masing untuk kompetisi yang bersifat simulais saja, robot ukuran kecil, robot ukuran sedang, robot ukuran besar, robot humanoid, dan robot dengan platform standar.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

4 komentar

  1. wah ternyata robot juga bisa bermain bole yaa?
    kalo boleh tau bolanya pake apa?

    BalasHapus
  2. Wah salut ama Jerman tim Piala dunianya udah masuk perempat Final TIm robot sepak bolanya juga menang ....... hebat!!!

    Slam knal Sob..aku Follow sekalian(Dj Site)...Follow baliknya ya Sob thnx.... Semangat!!!

    BalasHapus
  3. Inspiratif. Teknologi robot Jerman sudah sedemikian maju. Bagaimana Indonesia? Semoga ini menginspirasi. Bukankah mahasiswa kita banyak menjadi juara saat kontes robot antar perguruan tinggi di luar negeri?

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  4. keren akhyar informasi teknologinya . . ..kapan Indonesia bisa begitu...

    ^_^

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top