Kamis, 03 Juli 2014

Tips Mempersiapkan Liburan


Apakah anda memiliki rencana untuk liburan? Mengambil cuti atau libur panjang bisa dimanfaatkan untuk berlibur. Anda bisa memilih destinasi wisata lokal atau mancanegara sebagai pilihan liburan. Namun tentunya kita juga harus memiliki planning yang matang untuk mempersiapkan rencana liburan tersebut dari jauh hari agar lebih nyaman dan tidak harus pusing memikirkannya bila waktunya sudah mepet.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk merencanakan liburan.

Budget

Sudah barang tentu bajet harus dipersiapkan sedini mungkin. Kalkulasikan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk waktu liburan tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan demi menghindari hal-hal tak terduga seperti biaya tiket wisata atau hotel yang naik. Anda bisa menabung atau menggunakan tunjangan seperti THR atau bonus tahunan sebagai tambahan bajet liburan.

Waktu liburan

Libur panjang seperti Lebaran atau akhir tahun biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan waktu libur lainnya seperti mengambil cuti atau hari ‘kejepit’ demi memaksimalkan waktu berlibur anda. Intinya, jangan sampai waktu liburan mengganggu aktifitas dan pekerjaan anda.

Tiket perjalanan

Bila anda ingin berpergian jauh menggunakan transportasi publik seperti pesawat atau kereta api, cobalah untuk memesan tiket dari jauh hari. Biasanya akan ada promosi atau tiket murah dan anda bisa memanfaatkannya. Jangan lupa untuk mengecek ulang atau mengkonfirmasi jadwal penerbangan agar tidak ada pembatalan sepihak dari maskapai penerbangan.

Penginapan dan wisata

Biasanya anda bisa memesan tiket masuk lokasi wisata atau hotel sebelum berangkat. Dengan melakukan reservasi sebelumnya, maka anda tak perlu dipusingkan lagi dengan mencari penginapan saat tiba di tempat tujuan atau mengantri untuk membeli tiket saat berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

Agenda

Meskipun masih jauh, tak ada salahnya untuk membuat agenda atau kegiatan apa saja yang akan anda lakukan saat liburan. Buatlah perencanaan anda akan berkunjung kemana saja dan siapkan ‘Plan B’ atau rencana cadangan bila ada kejadian diluar jadwal seperti tempat wisata yang tutup atau cuaca yang buruk.

sumber: BlogNusaTravel
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top