Minggu, 19 Mei 2013

Tips dan Trik dalam SBMPTN 2013

Pada tahun 2013 ini SNMPTN tulis telah resmi dihapus dan hanya ada jalur undangan saja. Meskipun SNMPTN telah dihapus, sebagai gantinya muncul SBMPTN dan tes mandiri PTN. Jika telah dinyatakan lulus dalam SNMPTN, maka tidak dapat mengikuti SBMPTN.


Segala sesuatu yang harus dihadapi tentu harus penuh dengan persiapan termasuk SBMPTN salah satunya. Bagaimanakah agar kita bisa lolos ujian tertulis SBMPTN ? Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya mengenai cara terbaik agar dapat lulus dalam SBMPTN nantinya. Berikut ini beberapa tips dan trik dalam SBMPTN dan lulus di pilihan masing-masing :

PERSIAPAN SEJAK DINI

1. Semangat
Tetep semangat dan jangan menyerah. Kata-kata ini dapat membuat kita senang dan pantang menyerah walaupun melihat lawan yang banyak.

2. Be The Best For Your Self
Jadilah diri sendiri dan percaya kepada kemampuan yang kita miliki. Semua yang kita inginkan nantinya akan terasa kecil seperti semut yang kita pegang.

3. Berusaha
Thomas Alpha Edison mengatakan : “Sukses itu 1% Inspirasi, 99% tetesan keringat arinya “kerja keras agar dapat berhasil”. Kita harus rajin membahas soal dan berdiskusi mengenai pelajaran-pelajaran yang kurang kalian mengerti.

4. Kesehatan
Ingatlah hal yang terpenting pada manusia adalah kesehatan. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat, dan makanlah makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Agar kita bisa memaksimalkan dalam persiapan menghadapi tes nantinya.

5. Belajar
Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu serta disiplin dalam belajar. Kuasailah seluruh materi-materi yang akan diujikan. Carilah buku-buku pemantapan materi. Hal ini akan mempermudahkan anda dalam mempelajari soal SMBPTN nanti. Kalau bisa ikut Bimbingan Belajar (BIMBEL), tapi kalau tidak dapat ikut usahakan untuk mencari referensi lain diluar Bimbel.

Jangan malu-malu minta diajari sama kakak-kakak kelas yang sudah kuliah atau lulus dalam SNMPTN. Anda sebaiknya menyiapkan jauh-jauh hari, kurang juga kalau cuma waktu 6 bulan saja. Sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah anda miliki. 

Belajar rutin dengan waktu yang sudah diatur. Tapi sesi belajarnya lebih banyak dalam latihan soal. Sesekali kamu harus refreshing agar otak tidak menjadi penat. Cobalah untuk ikut Try Out SBMPTN agar kalian dapat mengukur kemampuan sebelum ikut berperang di medan yang sesungguhnya.

6. Latihan Rileksasi untuk Mengurangi Ketegangan
Supaya tidak stress untuk menghadapi ujian nanti, ada baiknya latihan relaksasi. Ketenangan itu penting. Tegang dan stress malah akan membuat kamu menjadi sakit, dan tidak optimal ketika menghadapi ujian. Jadi luangkan waktumu untuk melakukan relaksasi.

7.  Pintar-pintar Memilih Jurusan
Mantapkan dulu pilihanmu. Jurusan apa yang kamu pilih, apakah sesuai dengan kemampuan, minat dan bakatmu. Berhati-hatilah memilih jurusan, karena tiap jurusan memiliki rangking atau nilai tersendiri. Kamu harus pasang strategi agar poinmu bisa mencapai ranking jurusan impianmu. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini dapat memilih 3 jurusan. Pikirkan dari sekarang. Untuk pilihan pertama, pilih jurusan yang kamu favoritkan dan inginkan. Nah di pilihan ke dua atau ketiga, sebaiknya pilih jurusan yang secara kualitas bagus, bisa kamu jalankan nantinya, namun tidak banyak peminatnya. Biasanya ranking dari tiap jurusan ditentukan oleh banyaknya peminat (permintaan). Seringkali para calon mahasiswa ini terjebak untuk masuk fakultas atau jurusan favorit. Ini yang harus kamu hati-hati, jangan sampai ikut terjebak karena latah. Ada beberapa fakultas yang tidak difavoritkan justru memiliki masa depan bagus, dan beberapa tahun lagi lulusannya sedang ditunggu oleh banyak perusahaan besar sebagai tenaga ahlinya. Dengan sedikitnya saingan itu, maka peluang kerja kamu juga nantinya lebih besar.

8. Doa
Dan yang terkhir jangan lupa berdoa. Ingatlah bahwa tidak cukup belajar saja tetapi berdoa itu sangat penting dalam perjuangan dan menggapai cita-cita. Manusia berencana tetapi Tuhan jualah yang menentukan. Perbanyak juga ibadah dan kebaikan

SAAT TES

1. Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti : pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus karet, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3. Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan Kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4. Perhatikan waktu yang diberikan dan atur pemanfaatan waktu sebaik-baiknya 
Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting, apalagi untuk mengerjakan test yang diberikan dengan waktu yang sangat terbatas. Mungkin ketika latihan kita bisa pas waktu dan dapat menjawabnya dengan benar. Namun, ketika test suasana menjadi berbeda. Usahakan latihan menjawab soal denagn alokasi waktu dibawah waktu SBMPTN.

5. Gunakan alat tulis standart dan terbukti baik dari kualitas standart
Anda harus memastika terlebih dahulu alat tulis yang ingin anda bawa. Bawa setidaknya dua buah.

6. Miliki mata pelajaran Andalan
Ini adalah senjata yang sangat ampuh jika anda tidak menguasai seluruh mata pelajaran. Kerjakan yang anda bisa terlebih dahulu.

7. Jangan Menebak-nebak jawaban 
Kerjakan soal yang anda anggap lebih mudah terlebih dahulu. Jika tidak menguasai disarankan jangan menebak-nebak jawaban. Terkacuali kalau tidak mengerti sama sekali, silahkan tebak-tebakan.

8. Raihlah Nilai Komulatif Positif pada Masing-masing Pelajaran
Nilai komulatif adalah nilai nilai total masing-masing pelajaran. Jangan sampai nilai satu pelajaran anda bernilai negatif.

9. Tambahan
Jangan lupa untuk survai tempat pelaksanaan SBMPTN minimal 2 hari sebelum melaksanakan tes SBMPTN. Resiko terburuk yaitu jika anda mendapatkan meja dan tempat duduk yang kurang nyaman dan memadai. So, persiapkan semaksimal mungkin jauh-jauh hari. Dan pada malam hari sebelum dilaksanakannya tes SBMPTN jangan terlalu banyak belajar atau kegiatan berat lainnya. Istirahat dan tenangkan pikiran agar besok bisa fresh dalam menghadapi soal SBMPTN. Gunakan pakaian yang nyaman supaya tidak mengganggu konsentrasi anda dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN.

PASCA SBMPTN

1. Koreksi hasil kerjaan anda dirumah, evaluasi dan hitung nilai anda.
2. Boleh menggunakan daftar parkiraan passing grade sebagai acuannya.
3. Periksa apakah point anda sudah memenuhi point 2 diatas terhadap pilihan pertama.
4. Jika nilai anda jauh diatasnya, anda boleh berlega hati tetapi tetap berdo'a jangan sombong. Jika ternyata nilai anda pas-pasan terhadap pasing grade , banyaklah berdo'a dan siap-siap cari alternatif.
5. Dan terakhir mintalah Doa dan Dukungan. Dukungan dan doa dari orang-orang terdekat, terutama orangtua akan membantu memacu semangat dan motivasimu. Banyaknya doa dari mereka yang menyayangimu tentunya bisa jadi mukjizat yang nyata. Terakhir adalah berdoa dan minta yang terbaik ke pada Tuhan. Karena kamu harus yakin apapun yang terjadi nantinya adalah yang terbaik untuk kamu.


Saya berharap pembaca postingan ini yang ikut SBMPTN dapat berekspresi bahagia seperti gambar di atas. Itulah beberapa tips dan trik dalam SBMPTN. Semoga bermanfaat dan lulus dengan hasil yang maksimal :)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top