Kamis, 22 Juli 2010

Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Hemat

iPhoneJika dibandingkan dengan ponsel standar yang bisa bertahan tiga hari jika dicharge penuh, smartphone harus diisi setiap 24 jam dan bahkan lebih sering. Sebenarnya ketika menggunakan baterai lithium-ion, baik itu di laptop atau s
martphone, teknologi itu bisa sedikit dilecut untuk mendapatkan hasil lebih lama.

Pilihan Jaringan

Ponsel CDMA biasanya memakai energi lebih banyak dari pada ponsel GSM. Jika baterai ponsel cepat habis, pertimbangkan untuk mengganti dengan ponsel GSM, tentu saja jika tidak bertentangan dengan kepentingan Anda.

Redupkan

Semakin terang layar, semakin tinggi energi baterai yang diperas. Turunkan tingkat brightness layar LCD ponsel Anda. Gunakan perangkat peredupan otomatis yang bisa mendeteksi tingkat cahaya dalam satu ruangan jika ponsel dilengkapi dengan fitur itu. Begitu pun ketika menggunakan smartphone untuk memutar musik, rendahkan volumenya.

Kontrol Wi-Fi

Tentu saja sangat baik jika menggunakan Wi-Fi atau Bluetooth tetapi sebaiknya jika berada di luar wilayah hot spot matikan saja aplikasi Wi-Fi. Masalahnya ponsel akan terus menggunakan energi untuk mencari sambungan Wi-Fi atau Bluetooth. Jika tidak sedang digunakan, atur ponsel pada mode sleep. Pada iPhone bisa mengaturnya lewat fitur'setting. Pada BlackBerry gunakan Manage Connections.

Periksa Tingkat Sinyal

Smartphone tentu saja akan terus mencari sinyal tidak terkecuali di daerah bersinyal rendah. Di daerah tempat sinyal lemah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal, yang artinya lebih banyak energi habis terpakai. Jika berada di tempat seperti itu, sebaiknya matikan fungsi telepon dari smartphone. Demikian pun dengan aplikasi 3G. Sebaiknya gunakan jaringan EDGE yang membuat akses internet lebih lambat tapi tidak akan mempengaruhi kualitas panggilan.

Cek Email

Smartphone dilengkapi dengan teknologi yang bisa mengecek email secara otomatis atau dengan pengaturan push email ketika ada email masuk. Kedua pilihan di atas sangat boros energi. Agar baterai bertahan lama matikan pengaturan push atau lebarkan jarak interval waktu pengecekan email masuk. Lebih baik lagi jika Anda mengecek email secara manual.

Airplane Mode

Cara paling sederhana untuk menghemat energi adalah dengan mengatur smartphone pada airplane mode. Dengan demikian BlackBerry atau iPhone hanya bisa digunakan untuk memutar musik atau 'organizer' tanpa bisa menerima email atau

Menerima panggilan.
"Dalam airplane mode, baterai iPhone akan bertahan bahkan sampai satu minggu," kata Kyle Wiens, pendiri ifixit.com, sebuah bengkel iPhone dan laptop Mac online.

Nonaktifkan Animasi

Semakin panas smartphone maka semakin banyak energi yang terpakai. Salah satu penyedot energi paling rakus adalah animasi Flash, teknologi canggih dibalik banyak video online dan iklan animasi. Untuk menjaga umur baterai Anda nonaktifkan Flash.

Artikel Terkait

2 komentar

Batry Hp saya kuat 4 hari bang, semua aktif deh, email, sms, phone, FB, twitter dll. hi hi

Baca soal iPhone jadi ingat iPhone 4 Telkomsel yang akan masuk bulan september ini. Oia ada trik baru bro Permak tampilan google search engine

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...