Rabu, 30 Juni 2010

Sekarang sudah ada Vuvuzela Virtual

Vuvuzela tengah menjadi buah bibir sejak Piala Dunia 2010 dimulai. Alat musik tradisional Afrika itu memicu perdebatan karena suaranya yang bising. Orang yang tidak senang akan terganggu suara seperti lebah mendengung yang dihasilkan tiupan banyak vuvuzela dari tribun penonton selama pertandingan. Bahkan, ada yang mengusulkan agar vuvuzela dilarang saja masuk stadion.
Kira-kira apakah pelarangan vuvuzela akan menyelesaikan masalah? Belum tentu. Banyak penonton yang justru senang riuh rendah selama menonton pertandingan langsung sehingga bermacam alat musik dan apa saja yang bisa menghasilkan suara tentu berusaha dibawa masuk stadion, bagaimanapun caranya.


Bahkan, tanpa vuvuzela pun penonton bisa saja membuat suara "lebah mendengung" dengan vuvuzela virtual. Misalnya, dengan bantuan aplikasi vuvuzela di iPhone. Dengan aplikasi tersebut, tiupan ke mikrofon akan menghasilkan suara mirip lebah mendengung seperti yang dihasilkan vuvuzela.


Di daftar aplikasi yang ada pada Apple App Store, banyak pilihan aplikasi yang menghasilkan vuvuzela saat ini. Setidaknya ada 11 aplikasi yang bisa dipilih sebagai alternatif. Aplikasi paling populer adalah Vuvuzela 2010 yang sampai sekarang sudah diunduh 750.000 kali. Aplikasi lainnya Virtual Vuvuzela, Vuvuzela, Vuvuzela Championship Free, dan sebagainya.


Tak hanya untuk iPhone, aplikasi vuvuzela pun tersedia untuk perangkat berplatform Android. Misalnya, yang dikeluarkan Softonik. Bukan tidak mungkin para pengembang aplikasi kini berlomba-lomba membuat aplikasi serupa untuk berbagai platform mengingat popularitas vuvuzela seiring kontroversinya.


Usul agar vuvuzela dilarang masuk stadion boleh saja bergulir, tetapi sebenarnya FIFA kemungkinan kecil menyetujuinya. Baik organisasi lokal di Afrika Selatan maupun Presiden FIFA Sepp Blater malah mendukung keriuhan pertandingan yang dihasilkan tiupan vuvuzela sebagai iringan khas Afrika selama Piala Dunia 2010. Vuvuzela lewat ponsel mungkin bisa membuat suasana nonton bola di rumah atau nonton bersama serasa di Afrika Selatan. Jadi, tinggal Anda terganggu atau tidak.

Artikel Terkait

4 komentar

tetep aja bikin Brisik bro ^_^
Kpn mampir Akhyar, bnyk yg blm Km komenin ^_^

Wah keren nich jadinya..
Terimakasih share infonya Sobat Akhyar,..
Sukses selalu

penasaran aq sob kaya gimana suara dari vuvuzela

Tetep aja bikin bising..... kalo disini beli dimana ya????

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...