Perusahaan teknologi pesawat dan pertahanan Inggris, BAE Systems, mengungkap desain pesawat terbaru yang akan mereka buat. Jika terwujud nanti, zona pertempuran akan terlihat lebih seperti film fiksi ilmiah.
Transformer, demikian nama pesawat konsep tersebut. Mendengar nama tersebut, tentu pikiran kita langsung melayang pada film fiksi dengan tokoh utama para robot yang bisa mengubah bentuk. Nampaknya konsep itu jugalah yang dipakai oleh BAE.
Pesawat Transformer tersebut merupakan sebuah pesawat berbentuk segitiga besar yang terdiri atas tiga pesawat. Satu pesawat besar berbentuk segi empat, dan dua pesawat lain yang berbentuk segitiga. Dua pesawat segitiga itu bisa melepaskan diri dari pesawat yang segi empat.
Secara teoritis, Transformer mampu menempuh jarak lebih jauh, dengan cara mengurangi pemborosan bahan bakar akibat hambatan aerodinamis. Dengan demikian, Transformer tidak perlu terlalu sering melakukan pengisian bahan bakar di udara.
BAE Systems juga mengungkap sejumlah konsep kendaraan lainnya. Salah satunya adalah pesawat yang bisa memperbaiki diri sendiri jika terkena tembakan. Survivor namanya. Pesawat ini bisa menutup kerusakan eksterior pesawat dengan menggunakan cairan karbon nanotube.
Tak hanya itu, BAE juga memamerkan teknologi pesawat yang mampu menembakkan energi terkonsentrasi untuk melumpuhkan rudal. Lalu ada pula pesawat yang mampu membuat dan menerbangkan pesawat tanpa awak dengan menggunakan printer 3 dimensi yang terpasang di atas pesawat.
Memang, pesawat-pesawat canggih tersebut belum akan terwujud dalam waktu dekat. Mereka menargetkan, konsep itu akan menjadi kenyataan pada tahun 2040. 
sumber: suara.com