Selasa, 27 Juli 2010

Perbedaan Artikel di Wikipedia dan Blog

Sekretaris eksekutif Wikipedia Indonesia, Siska Dovian mengatakan bahwa menulis di situs web ensiklopedia, Wikipedia harus menyertakan referensi di setiap kalimat. Hal tersebutlah yang menurut Siska membedakan Wikipedia dengan blog.


“Saat ditulis dengan benar, Wikipedia seharusnya setiap kali titik ada referensinya, jadi memang beda ide dan gaya penulisannya dengan blog. Kalau blog gaya sendiri, kalau Wikipedia banyak pakemnya,” katanya Siska.


Tulisan di Wikipedia yang bebas dibuat, disunting, atau dibatalkan oleh siapa saja tersebut diakui Siska tidak pantas dijadikan rujukan akademis jika tidak ditulis dengan benar. “Saya rasa jika pihak akademis tidak membolehkan Wikipedia jadi bahan tugas kuliah, itu betul. Yang seharusnya jadi bahan kuliah itu referensi yang tercantum, harus ditelusuri,” katanya. Namun, untuk menjaga kebenaran informasi, kata Siska, pihak pengelola Wikipedia dapat menghapus artikel di Wikipedia yang dianggap bohong dan mencemarkan nama baik. “Pengelola juga bisa membatalkan tulisan, suntingan.


Kalau kita enggak bisa, cuma bisa menyarankan ke pengelola untuk membatalkan,” ujarnya.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, artis Indonesia yang dinilai aktif menulis di Wikipedia, artis Christian Sugiono yang biasa dipanggil Tian menyampaikan bahwa Wikipedia bisa menjadi media belajar menulis dengan benar. “Saya yang biasa nulis asbun (asal bunyi) diprotes, jadi sejak itu saya setiap menulis sesuatu harus ada dasarnya, referensinya. Skill dan kemampuan menulis saya juga jadi lebih bagus,” ujar Tian.


Situs Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini telah menempati peringkat 18 untuk banyaknya jumlah pengunjung di antara 270 proyek Wikipedia di seluruh dunia. Sudah ada lebih dari 100.00 artikel di Wikipedia yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

  1. emang gak semua yang ada di wikipedia selalu benar. kangen banget nich sama akhyar... lama banget gak jumpa.

    BalasHapus
  2. yg jelas beda bgt, tp kalau saya jarang busa wikipedia

    BalasHapus

Silakan berkomentar. Komentar Anda akan terlihat setelah saya menyetujuinya. Komentar yang tidak baik atau yang menghina Blog ini dan orang lain tidak akan ditampilkan. INGAT !!! Disini tidak ada kata Pertamax, Keduax, dst. karena ini bukan Kaskus. PLEASE DON'T LEAVE YOUR LINK HERE !!!

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Teknologi

Tips dan Trik

News

 
© Akhyar
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top