Minggu, 11 Juli 2010

Menyimpan Baterai di Kulkas Bisa Buat Baterai Tahan Lama ?

Pernah dengar juga kalau baterai mau awet sebaiknya dimasukkan ke kulkas atau freezer? Nah, kalau yang satu ini lumayan bisa dipercaya. Jangan senang dulu karena tidak semua baterai bisa diperlakukan seperti diatas dan hanya tipe NiMH dan NiCd saja yang bisa berhasil.

Kedua baterai diatas (NiMH/ NiCd) akan berkurang kapasitasnya sekian persen per hari bila tidak digunakan. Dengan meletakkan baterai di kulkas bahkan freezer akan memperlambat penurunan kapasitas baterai. Khusus baterai NiMH yang sering kita jumpai di ponsel atau baterai isi ulang seperti Eneloop diatas, bila ditaruh di Freeze maka kapasitasnya akan bertahan di kisaran 90% walaupun tidak digunakan selama sebulan penuh.

Ini berarti walaupun anda tidak menggunakan selama sebulan, tidak perlu kuatir kapasitas baterai akan habis pada saat akan digunakan. Tetapi harap diingat, sebelum anda gunakan kembali, sebaiknya baterai dibiarkan di ruangan dengan suhu normal agar suhu baterai bisa kembali normal.

Dan terakhir, sebaiknya baterai NiMH diletakkan di kulkas walaupun dalam kondisi habis atau belum mau diisi ulang, ini untuk memperlambat penurunan kapasitas baterai. Selamat mencoba!!!

Artikel Terkait

4 komentar

sips mas infonya, cuman kebetulan saya punya Hp merek N***a jadi banyak seklai batryang No-Asli nya, alias kalau udah drop ya ganti aja, he he

Hai mas ini blog masih aktif ya.. Hehe maaf saya baru blajar ngeblog.. Salam kenal

Semoga bermanfaat. Silakan berkomentar :)
EmoticonEmoticon

loading...